Sabtu, 27 November 2010

pengantar ilmu pendidikan

1. Beri ulasan dan penjelasan mengapa ilmu pendidikan dikategorikan sebagai ilmu ? Mengapa pada ilmu pendidikan sebagai ilmu terapan ?

Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu

Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan memiliki ciri-ciri yaitu obyek (ontologi), metodologi (epistimologi), manfaat (aksiologi), dan totalitas (penggabungan).
Hakekat pendidikan dapat dikategorikan dalam dua pendekatan yaitu Epistimologi dan ontomologi. Dalam pendekatan epistemologi dapat dikatakan bahwa ilmu pendidikaan dapat dikategorikan sebagai ilmu.
Makna pendidikan sebagai ilmu yaitu mempunyai objek sebagai dasar analisis dalam membangun ilmu pengetahuan atau ilmu pendidikan.
Pendidikan merupakan suatu proses inheren dalam konsep manusia, dimana manusia dapat dimanusiakan melalui proses pendidikan. Objek dari pendidikan yakni peserta didik. Tingkah laku proses pendewasaan peserta didik adalah objek utama dari ilmu pendidikan. Pendidikan juga memiliki banyak manfaat. Selain itu, Ilmu pendidikan juga dapat secara terus-menerus dikembangkan. Dari uraian saya diatas, dapat disimpulkan bahwa ilmu pendidikan dapat dikategorikan sebagai ilmu.

Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Terapan
Ilmu pendidikan sebagai ilmu terapan karena ilmu pendidikan menerapkan berbagai prinsip umum untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam pendidikan memiliki banyak bidang, bidang ilmu pengetahuan, imnu social, dan banyak lainnya. Bidang bidang tersebut digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada yang langsung mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa ilmu pendidikan juga termasuk dalam ilmu terapan.
2. Mengapa Ilmu Pendidikan merupakan kajian sistemik ? Uraian dengan contoh akan memperjelas jawaban saudara.

Ilmu pendidikan termasuk dalam ilmu, dimana ilmu merupakan suatu pengetahuan yang memiliki syarat-syarat, yakni teruji dengan cara kerja ilmiah, sistematik, yakni terdapatnya system yang tersusun dari mulai proses, metode dan hasil yang saling terkait. Intersubyektif atau terjamin keabsahan dan kebenarannya.
Ilmu pendidikan terdiri dari beberapa bagian yang saling berkaitan, sinergis dan dinamis, karena itulah ilmu pendidikan dapat termasuk kedalam kajian yang sistemik, yakni maksudnya adalah Ilmu pendidikan dikaji secara menyeluruh.
Contoh : Menggunakan teknologi untuk menambah wawasan peserta didik. Sekolah-sekolah dapat menambahkan teknologi untuk menunjang aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut, akan tetapi guru dan masyarakat sekolah harus mengontrol peserta didik agar tetap memanfaatkannya dengan baik dan untuk hal positif, dengan cara membuat aturan-aturan dan tata tertib.


3. Dipandang dari berbagai aspek, siswa sebagai peserta didik memeiliki karakter unik. Bagaimana tanggapan saudara atas pernyataan itu ?

Dalam Psikologi perkembangan dijelaskkan bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda, tidak ada orang yang memiliki karakter individu sama dengan orang lain. Peserta didik yang sebagian besar memiliki usia muda bahkan sering sebagian besar adalah anak-anak. Dalam masa perkembangan anak, banyak sekali informasi yang dapat diserap. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda untuk menyerap informasi. Hal tersebut mempengaruhi dengan karakteristik anak. Ada yang cepat menangkap informasi yang disampaikan guru, ada yang memiliki kemampuan lebih dalam berhitung, terkadang suka meniru kegiatan orang dewasa apa yang mereka lihat, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi bukti bahwa anak atau peserta didik memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda setiap individunya.

0 komentar:

Posting Komentar