Kamis, 18 November 2010

Budi Pekerti Dalam Organisasi Pramuka

Secara etimologi budi pekerti terdiri dari dua unsur kata, yaitu budi dan pekerti. Budi dalam bahasa sangsekerta berarti kesadaran, budi, pengertian, pikiran dan kecerdasan. Kata pekerti berarti aktualisasi, penampilan, pelaksanaan atau perilaku. Dengan demikian budi pekerti berarti kesadaran yang ditampilkan oleh seseorang dalam berprilaku.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989) istilah budi pekerti diartikan sebagai tingkah laku, perangai, akhlak dan watak. Budi pekerti dalam bahasa Arab disebut dengan akhlak, dalam kosa kata latin dikenal dengan istilah etika dan dalam bahasa Inggris disebut ethics.
Budi pekerti secara operasional merupakan suatu prilaku positif yang dilakukan melalui kebiasaan. Artinya seseorang diajarkan sesuatu yang baik mulai dari masa kecil sampai dewasa melalui latihan-latihan, misalnya cara berpakaian, cara berbicara, cara menyapa dan menghormati orang lain, cara bersikap menghadapi tamu, cara makan dan minum, cara masuk dan keluar rumah dan sebagainya.
Secara umum Budi Pekerti berarti moral dan kelakuan yang baik dalam menjalani kehidupan ini. Budi Pekerti adalah induk dari segala etika ,tatakrama, tata susila, perilaku baik dalam pergaulan , pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Pertama-tama budi pekerti ditanamkan oleh orang tua dan keluarga dirumah, kemudian disekolah, organisasi dan tentu saja oleh masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.
Budi Pekerti dalam Pramuka
Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.
Salah satu tujuan gerakan Pramuka yaitu agar anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Budi Pekerti sangat berkaitan erat dengan kepramukaan yang dapat dilihat dari pengertian, tujuan dan segala sesuatu yang ada dalam kegiatan kepramukaan .
Budi Pekerti dapat berperan menjadi landasan relasi dan interksi setiap individu terutama bagi anggota pramuka yang paling baik. Jika dalam kehidupan sehari-hari ditananmkan landasan budi pekerti yang baik maka penyimpangan-penyimpangan dalam kehidupan sehari-hari dapat tercegah.
Budi pekerti pun dapat menjadi dasar atau pilar utama dalam membangun kebersamaan, kesetaraan , dan persamaan hak dalam kehidupan sehari-hari dan dalam bermasyarakat.
Dengan adanya Budi Pekerti dalam kegiatan organisasi gerakan pramuka, maka diharapkan agar seluruh anggota pramuka dapat menjadi individu yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku, tepatnya tidak menyimpang dalam kehidupan social bermasyarakat. Selain itu juga, dengan adanya Budi Pekerti maka anggota pramuka dapat menjadi contoh yang baik dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat menyalurkan aspirasi dan bermanfaat secara maksimal dalam kehidupan.

Created by : Devita Sary

0 komentar:

Posting Komentar