Selasa, 07 Februari 2012

hemat yuk !!

Berikut tips berhemat tanpa harus menjadi pelit:

1. Kurangi makan di luar. Membawa makanan dari rumah yang dimasak sendiri ketika Anda ke kantor dapat menjadi alternatif untuk mengurangi kegiatan makan di luar, terutama bagi yang tidak mendapat jatah makan siang dari tempat bekerja.

2. Membawa daftar belanjaan. Sebelum berniat masuk toko/supermarket untuk belanja, pastikan Anda terlebih dahulu membuat daftar belanjaan. Hal ini dilakukan untuk mencegah membeli barang-barang yang tidak perlu. Jadi pastikan membeli barang sesuai dengan yang ditulis di daftar belanja saja.

3. Bawa air minum. Membawa air minum dengan menggunakan botol minum yang bisa diisi ulang sangat berdampak pada pengeluaran Anda. Selain jadi hemat, Anda juga bisa mengurangi sampah plastik. Misal, sehari Anda membeli air kemasan seharga Rp3 ribu. Dalam sebulan, bujet Anda akan keluar Rp90 ribu hanya untuk air minum.

4. Jauhi ATM bank lain. Usahakan Anda menarik uang di ATM sesuai dengan bank tempat Anda menabung. Hal ini untuk menghindari pemotongan saldo rekening jika Anda tarik tunai di bank lain. Jumlahnya potongannya pun bervariasi, mulai dari Rp3 ribu–Rp20 ribu. Bayangkan jika hal ini sering Anda lakukan, tentunya akan terjadi pengeluaran yang tidak perlu.

5. Kurangi ke mal. Jika biasanya ketika libur Anda memilih mal, sebaiknya mulai sekarang bisa dipikir ulang untuk tempat liburan Anda. Pergi ke mal mendatangkan banyak godaan, walaupun niat awal cuma jalan-jalan.

6. Berjalan kaki. Jalan kaki bisa jadi alternatif untuk menuju tempat yang dekat. Kurangi ketergantungan terhadap kendaraan pribadi dan gunakan kendaraan umum.

7. Manfaatkan kartu diskon. Jika Anda mempunyai kartu diskon yang ditawarkan beberapa toko, itu bisa dimanfaatkan. Tapi, pemanfaatannya haruslah dengan bijak. Hal ini berbeda dengan membeli barang diskon yang tidak perlu.

8. Manfaatkan perpustakaan. Buku adalah jendela dunia. Nah, untuk memenuhi keinginan membaca, Anda tidak harus selalu membeli buku. Anda bisa memanfaatkan perpustakaan untuk mencari dan membaca buku yang dibutuhkan.

9. Membuat kopi sendiri. Jika Anda seorang penikmat kopi, sebaiknya Anda membuat kopi sendiri di rumah. Daripada membeli kopi mahal di kafe, lebih baik minum kopi buatan sendiri.

10. Daur ulang. Mendaur ulang barang bekas menjadi hal yang kreatif dan bisa menjadi lahan kerja baru. (dbs/c2/dna)
User's Online
40 Tamu online

0 komentar:

Posting Komentar